Daur Hidup Katak Beserta Penjelasannya

Sebuah daur hidup  atau siklus hidup mengacu pada tahapan atau perubahan yang hewan melewati sementara itu masih hidup. Sebuah siklus hidup berulang (atau berputar dalam lingkaran) untuk setiap generasi kehidupan baru.

Ada banyak jenis hewan yang hidup di bumi dan berbagai jenis siklus kehidupan hewan! Mamalia (termasuk manusia) memiliki bayi yang terlihat mirip dengan orang dewasa. Bayi mamalia tumbuh lebih besar dan lebih besar sampai mereka dewasa.

Hewan lain (termasuk kumbang, katak dan kupu-kupu) melalui proses yang disebut metamorfosis . Metamorfosis adalah kata besar yang berarti berubah dari satu bentuk ke bentuk lainnya. 

Hewan-hewan ini terlihat sangat berbeda dari bayi sampai menjadi dewasa.

Daur Hidup Katak Beserta Penjelasannya
daur hidup katak
image by ibnudin.net

Katak adalah amfibi, yang berarti mereka dapat hidup di air atau di darat. Mereka melewati beberapa tahap kehidupan sebelum mereka menjadi katak dewasa dan selama tahap-tahap itu, mereka hanya hidup di air.

Tahap 1: Telur

Seekor katak mulai hidup sebagai telur yang dibuahi. Seekor katak betina bertelur banyak sekali di kolam. Telur mengapung di atas air dalam massa jeli atau kelompok. Telur-telur akan segera menetas menjadi berudu!

Tahap 2: Kecebong

Saat berudu menetas, ia lebih mirip ikan daripada katak. Itu tidak memiliki kaki! Ia memiliki insang yang memungkinkannya bernapas di dalam air. Berudu berenang, makan tanaman dan ganggang dari air, dan tumbuh selama beberapa minggu.

Selama waktu ini, berudu mulai mengembangkan paru-paru sehingga dapat bernapas keluar dari air ketika menjadi katak. Kecebong juga mulai tumbuh dua kaki belakang. Sekarang bisa melompat-lompat bukan hanya berenang. Meskipun kecebong mulai terlihat sedikit lebih seperti katak, ia masih memiliki ekor yang sangat panjang!

Tahap 3: Katak Muda

Berudu menumbuhkan dua kaki depan dan ekornya yang panjang menjadi lebih pendek dan lebih pendek. Kecebong menggunakan nutrisi yang disimpan di ekornya sebagai makanan, jadi sampai ekornya benar-benar hilang, ia tidak perlu apa-apa lagi untuk dimakan! Kemudian hanya sedikit rintisan ekornya yang tersisa, dan berudu adalah katak muda. Itu melompat keluar dari air dan ke tanah kering untuk pertama kalinya! Katak itu masih sangat kecil.

Tahap 4: Katak Dewasa

Ekor katak pada akhirnya akan menghilang sepenuhnya dan akan mulai memakan serangga, bukan tanaman dari air. Katak muda akan tumbuh sekitar 2-4 tahun untuk menjadi dewasa. Katak dewasa kemudian bertelur dan lebih banyak berudu menetas dan memulai siklus lagi! 

Itulah pembahasan daur hidup katak yang bisa kami sampaikan untuk Anda. Pembelajaran tentang daur hidup katak ini kami dapatkan yang bersumber dari learning-center.homesciencetools.com. Semoga bermanfaat yang bisa dipahami! 

Terima kasih!