Daur Hidup Kupu Kupu Beserta Penjelasannya

Kita semua menyukai kupu-kupu karena sayapnya yang indah dan berwarna cerah. Tetapi tahukah Anda bahwa sayap yang luar biasa ini memulai kehidupan sebagai sesuatu yang sama sekali berbeda? Ketika mereka tumbuh, mereka mengalami satu transformasi hebat yang luar biasa yang disebut sebuah proses yang dikenal sebagai " metamorfosis ".

Daur Hidup Kupu Kupu Beserta Penjelasannya 
daur hidup kupu kupu
image by aftanalisis.com
Berikut ini adalah daur hidup kupu kupu yang melewati beberapa tahapan yang harus dilaluinya semasa hidupnya. 

Tahap 1: telur

Semuanya berawal ketika seekor kupu-kupu betina bertelur, biasanya pada daun atau batang tanaman. Di dalam telur kecil ini, ulat tumbuh. Tergantung pada spesiesnya, telur dapat bervariasi dalam bentuk dan tekstur mereka bulat, lonjong atau silinder, dan halus, bergelombang atau berkerut. Waktu yang dibutuhkan telur untuk menetas juga bervariasi - pada beberapa spesies, mereka akan menetas dalam beberapa minggu dan pada yang lain mereka hanya akan menetas setelah cuaca cukup hangat.

Tahap 2: ulat

Setelah siap, ulat meninggalkan telurnya di rumah dan memasuki dunia luar yang besar! Dan makhluk kecil ini memiliki satu nafsu makan yang serius - mereka benar-benar memakan jalan keluar dari telur dan segera mulai mengunyah daun tanaman inang.

Selama tahap ini, mereka menumpahkan kulit mereka empat atau lima kali - saat ulat tumbuh, kulitnya menjadi terlalu kencang dan membelah, memperlihatkan kulit baru yang lebih besar di bawahnya. Ulat yang sudah dewasa bisa lebih dari 100 kali lebih besar daripada saat keluar dari telurnya. Wow!

Tahap 3: kepompong

Setelah dewasa penuh, ulat membentuk dirinya menjadi "pupa" (atau kepompong) - sejenis kapal di mana ulat berubah menjadi kupu-kupu. Mereka biasanya melakukan ini pada ranting atau area yang aman dan tersembunyi di sekitar tanaman inang. Tahap "pupa" dapat berlangsung beberapa minggu hingga beberapa bulan tergantung pada spesiesnya.

Selama tahap ini, kasus yang mengeras terbentuk di sekitar pupa untuk melindunginya dari pemangsa dan kondisi cuaca ekstrem. Dan di dalamnya, jaringan, anggota badan, dan organ ulat berubah. Hasil? Kupu-kupu bersayap yang indah!

Tahap 4: kupu-kupu

Setelah kupu-kupu siap muncul, kasing di sekitar pupa terbuka. Tapi ini belum waktunya untuk lepas landas, karena sayap pada awalnya basah, lembut dan berkerut pada tubuhnya. Kupu-kupu menunggu sayapnya mengering, dan memompa cairan yang disebut hemolymph ke dalamnya sehingga menjadi besar dan kuat.

Begitu cocok untuk terbang, serangga yang brilian ini kemudian terbang ke udara mencari bunga untuk dimakan dan untuk dipasangkan dengan kupu-kupu lainnya. Dan itu adalah siklus yang lengkap dan siap untuk memulai dari awal lagi!

Demikianlah pembahasan tentang daur hidup kupu kupu yang bisa kami berikan untuk Anda. Mudah-mudahan dengan adanya pembahasan kupu kupu tentang hidupnya yang bertransformasi dari telur sampai dewasa ini, bisa menambah wawasan pengetahuan. 

Pembelajaran ini bersumber dari natgeokids.com