Fungsi Atmosfer, Komposis dan Suhunya

Fungsi Atmosfer, Atmosfer atau 'udara' kita adalah campuran gas di sekitar Bumi yang dipegang oleh gaya tarik gravitasi planet ini. Gas-gas di atmosfer memantul ke sekitar untuk mengisi ruang yang kita sebut 'udara'. Jadi 'udara' sebenarnya bukan kehampaan, seperti yang sering kita pikirkan - udara merupakan bagian penting dari empat sistem bumi kita.
fungsi atmosfer
image by kata.co,id
Ingatlah dari kelas kimia Anda bahwa gas adalah salah satu dari empat keadaan materi (yang lainnya adalah benda padat, cair dan plasma). Gas adalah molekul seperti O 2 , N 2 dan H 2O yang terpental, mengisi ruang yang oleh manusia disebut 'udara'. Udara sebenarnya adalah campuran gas (lebih lanjut tentang itu nanti) yang ditahan di sekitar bumi oleh medan gravitasinya. 

Udara paling padat (lebih banyak molekul per area) di permukaan laut, dan jauh lebih sedikit padat di ketinggian tinggi (pernahkah Anda berada di atas gunung dan mendapati diri Anda kehabisan nafas melakukan kegiatan sederhana? Ini karena Anda bernapas dalam molekul oksigen lebih sedikit di setiap napas). 

Sulit untuk memperkirakan tingkat atmosfer, karena secara bertahap menyatu dengan ruang. Perkiraan 10.000 hingga 20.000 km diberikan (bandingkan dengan jari-jari Bumi ~ 6400 km); Namun, sebagian besar atmosfer terkonsentrasi di 20-30 km lebih rendah (97-98% berdasarkan massa dalam 30 km dari permukaan laut).

Komposisi atmosfer kita menyumbang banyak perbedaan antara Bumi dan planet lain. Planet-planet lain (kecuali Merkurius) memiliki atmosfer, tetapi gas yang membentuk atmosfernya, dikombinasikan dengan jaraknya dari matahari (terlalu dekat dan karena itu terlalu panas, atau terlalu jauh dan karenanya terlalu dingin) tetap hidup seperti yang kita ketahui itu dari berkembang. Atmosfer sangat penting bagi kehidupan di Bumi karena ia memasok oksigen, air, CO 2 dan sejumlah nutrisi (N) ke organisme hidup, dan melindungi organisme hidup dari suhu ekstrem dan radiasi UV berlebihan.

Fungsi Atmosfer, Hingga sekitar 80 km, komposisi atmosfernya sangat seragam; oleh karena itu, istilah homosphere diterapkan. Atmosfer yang lebih rendah terdiri dari dua kelompok gas:

I. Gas yang memiliki efek minimal pada cuaca dan iklim . Konsentrasi gas-gas ini konstan di mana-mana di seluruh homosfer. Berdasarkan volume:

78% - nitrogen (N 2 ); tidak aktif secara kimia, netral
21% - oksigen (O 2 ); sangat aktif secara kimia, bereaksi dengan zat lain dalam proses oksidasi: lambat (pelapukan batuan) atau cepat (pembakaran bahan bakar)
0,93% - argon (Ar); lembam
<0,04% - jejak gas: Neon (Ne), Helium (He), Metana (CH 4 ), Krypton (Kr), Hidrogen (H 2 )
Ozon (O 3 ) - sangat penting sebagai pelindung seumur hidup - menyerap sinar UV
II Gas yang penting untuk cuaca dan iklim. Konsentrasi gas-gas ini (terutama uap air) dapat sangat bervariasi dari satu tempat ke tempat lain.

0-4% - uap air (rata-rata <1%) - menyerap radiasi gelombang panjang, memancarkan radiasi tandingan (efek rumah kaca), mentransfer panas melalui transfer panas laten (lihat di bawah)
0,033-0,036% - karbon dioksida (CO 2 ) - bersama dengan uap air bertanggung jawab atas efek rumah kaca
Atmosfer juga tersusun dari partikel air, es dan debu (aerosol). Aerosol paling sering ditemukan di dekat sumbernya, misalnya, kota, pantai laut atau gunung berapi aktif. Namun, partikel dapat dibawa dalam jarak yang sangat jauh. Sebagai contoh, sebuah penelitian signifikan sedang dilakukan oleh US Geological Survey di Texas, mempelajari mikroba yang dibawa partikel debu atmosfer yang diterbangkan dari Afrika!

Partikel atmosfer dapat memiliki dampak signifikan pada cuaca dan iklim. Beberapa partikel bersifat hidroskopi (menyerap air), dan karenanya merangsang kondensasi air dan pembentukan awan. Beberapa partikel menyerap atau memantulkan radiasi matahari dan mengurangi jumlah energi yang mencapai permukaan. Ini bisa menjadi hal yang sangat baik, karena banyak dari insolasi yang memotong bumi adalah gelombang yang sangat pendek (energi tinggi) dan dapat sangat berbahaya bagi kehidupan (sinar-x, sinar gamma, dan radiasi ultra violet). 

Pola vertikal suhu terdiri dari serangkaian lapisan di mana suhu bergantian meningkat dan berkurang dengan zona transisi yang relatif tipis di antaranya. Berdasarkan karakteristik suhu, atmosfer dapat dibagi menjadi 5 lapisan (-bidang) dan 3 zona transisi (-bayar).

Troposfer

Dari tropos Yunani - "belok" - lapisan atmosfer terendah, zona pencampuran vertikal intens dan turbulensi. Di sinilah sebagian besar fenomena cuaca dan iklim terjadi. Kedalaman troposfer tergantung pada 

lintang (terdalam di khatulistiwa, dangkal di kutub);
musim (paling dalam di musim panas, paling tipis di musim dingin);
berubah dengan berlalunya massa udara hangat dan dingin.

Stratosfir

Dari lapisan Latin- "penutup" -zona atmosfer berlapis dan bertingkat tanpa banyak pencampuran vertikal.

18 - 48 km di atas permukaan

Berisi lapisan ozon .

Panas dalam stratopause berasal dari penyerapan UV oleh ozon.

Mesosphere 

( meso - "tengah") -lapisan di antara stratopause dan termosfer
50 - 80 km

Termosfer

Lapisan panas yang meningkat. Panas berasal dari reaksi sinar UV dengan atom dan molekul. Secara bertahap bergabung menjadi.

Eksosfer

Lapisan luar, yang pada gilirannya, secara bertahap menipis ke ruang antarplanet.

Atmosfer terdiri dari dua lapisan yang lebih penting:

Ionosfir

Lapisan molekul dan atom bermuatan listrik, ion di bagian atas mesosfer dan termosfer yang lebih rendah. Membantu dalam komunikasi jarak jauh dengan memantulkan gelombang radio kembali ke Bumi.

Ozon sphere ( lapisan Ozon)

Zona konsentrasi maksimum ozon (O 3 , tiga bentuk atom oksigen) - praktis bertepatan dengan stratosfer (ingat ozon yang merupakan sumber panas untuk stratosfer atas; panas yang dihasilkan melalui reaksi dengan radiasi UV). Menyerap UV, berfungsi sebagai perisai bagi organisme hidup. Sangat penting untuk menyadari bahwa ozon hanya merupakan sebagian kecil dari atmosfer - <0,002% volume.

Itulah pembahasan tentang atmosfer mengenai komposisi, suhu dan fungsi atmosfer

Sumber : K. Allison Lenkeit-Meezan ( Foothill College )