Fungsi Enzim: Penjelasan dan Jenis Enzim

Fungsi Enzim, Apa itu enzim dan apa yang mereka lakukan dalam tubuh kita? Enzim pada dasarnya adalah protein yang diproduksi oleh organisme hidup untuk menghasilkan reaksi metabolisme dan biokimia tertentu dalam tubuh.

Fungsi Enzim

Mereka adalah katalis biologis yang mempercepat reaksi di dalam tubuh. Mari cari tahu lebih banyak tentang mereka.

Bagaimana Struktur Enzim?

Enzim, seperti yang disebutkan di atas, adalah katalis biologis. Sementara mereka mempercepat atau mempercepat suatu proses, mereka sebenarnya menyediakan jalur alternatif untuk proses tersebut. Tetapi, dalam prosesnya, struktur atau komposisi enzim tetap tidak berubah.

Enzim sebenarnya terdiri dari 1000-an asam amino yang dihubungkan dengan cara tertentu untuk membentuk enzim yang berbeda. Rantai enzim terlipat untuk membentuk bentuk yang unik dan bentuk inilah yang menyediakan enzim dengan potensi kimiawi yang khas. Sebagian besar enzim juga mengandung komponen non-protein yang dikenal sebagai co-facto r.  

Jenis-jenis Enzim:

Reaksi biokimia yang terjadi dalam tubuh pada dasarnya dari 6 jenis dan enzim yang menghasilkan reaksi ini dinamai sesuai:

Oksidoreduktase: Fungsi Enzim ini menghasilkan reaksi oksidasi dan reduksi dan karenanya disebut oksidoreduktase. Dalam reaksi-reaksi ini, elektron dalam bentuk ion hidrida atau atom hidrogen ditransfer. Ketika substrat dioksidasi, enzim ini bertindak sebagai donor hidrogen. Enzim ini disebut dehidrogenase atau reduktase. Ketika atom oksigen adalah akseptor, enzim ini disebut oksidase.

Transferases: Enzim ini bertanggung jawab untuk mentransfer gugus fungsi dari satu molekul ke molekul lain. Contoh: alanine aminotransferase yang mengocok gugus alfa-amino antara alanin dan aspartat dll. Beberapa transferase juga mentransfer gugus fosfat antara ATP dan senyawa lain, residu gula untuk membentuk disakarida seperti hexokinase dalam glikolisis.

Hydrolases: Enzim ini mengkatalisasi reaksi yang melibatkan proses hidrolisis. Mereka memutus ikatan tunggal dengan menambahkan air. Beberapa hidrolase berfungsi sebagai enzim pencernaan karena mereka memutus ikatan peptida dalam protein. Hidrolase juga dapat menjadi jenis transferase karena mereka mentransfer molekul air dari satu senyawa ke yang lain. Contoh: Glukosa-6-fosfatase yang menghilangkan gugus fosfat dari glukosa-6-fosfat, meninggalkan glukosa dan H 3 PO 4 .

Lyases:   Fungsi Enzim ini mengkatalisasi reaksi di mana kelompok fungsional ditambahkan untuk memutus ikatan rangkap dalam molekul atau di mana ikatan rangkap dibentuk dengan menghilangkan gugus fungsional. Contoh: Pyruvate decarboxylase adalah lyase yang menghilangkan CO 2  dari piruvat. Contoh lain termasuk deaminase dan dehidrasi.

Isomerase: Enzim-enzim ini mengkatalisasi reaksi-reaksi di mana suatu gugus fungsi dipindahkan ke posisi lain dalam molekul yang sama sehingga molekul yang dihasilkan sebenarnya adalah isomer dari molekul sebelumnya. Contoh: triosephosphate isomerase dan phosphoglucose isomerase untuk mengubah glukosa 6-fosfat menjadi fruktosa 6-fosfat.

Ligase: Enzim ini melakukan fungsi yang berlawanan dengan hidrolase. Ketika hidrolase memutus ikatan dengan menambahkan air, ligase membentuk ikatan dengan menghilangkan komponen air. Ada beberapa subclass ligase yang berbeda yang melibatkan sintesis ATP.

Bagaimana cara kerja enzim?

Agar setiap reaksi terjadi di alam semesta, ada kebutuhan energi. Dalam kasus di mana tidak ada energi aktivasi yang disediakan, katalis memainkan peran penting untuk mengurangi energi aktivasi dan meneruskan reaksi. Ini bekerja pada hewan dan tumbuhan juga. Enzim membantu mengurangi energi aktivasi molekul kompleks dalam reaksi. Langkah-langkah berikut menyederhanakan cara kerja enzim untuk mempercepat reaksi:

Langkah 1 : Setiap enzim memiliki 'situs aktif' yang merupakan tempat salah satu molekul substrat mengikat. Dengan demikian, kompleks enzim-substrat terbentuk.

Langkah 2: Molekul enzim-substrat ini sekarang bereaksi dengan substrat kedua untuk membentuk produk dan enzim dibebaskan sebagai produk kedua.

Itulah penjelasan dan jenis jenis enzim beserta fungsi enzim nya yang bisa kami informasikan. Semoga bermanfaat!

Sumber: .toppr.com