Metabolisme: Penjelasan, Jenis, Macam, dan Gangguannya

Metabolisme, metabolisme adalah dasar dari semua proses vital dalam tubuh. Metabolisme secara kasar berarti semua proses biokimia yang terjadi di dalam sel. Dengan kata lain, komponen nutrisi yang disediakan dimetabolisme dalam sel - yaitu terdegradasi, dibangun kembali dan dibangun menjadi produk baru.

Metabolisme

Dengan demikian tubuh terus menjaga dirinya sendiri menggunakan nutrisi, vitamin, mineral dan elemen, atau menggunakan cadangan. Semua ini diperlukan agar banyak proses kehidupan dan fungsi tubuh kita berjalan dengan baik. 

Proses metabolisme pada dasarnya dikendalikan oleh hormon dan sistem saraf. Tetapi faktor lingkungan juga mempengaruhi metabolisme, seperti suhu. Organ metabolisme yang paling penting adalah hati.

Pencernaan tidak sama dengan metabolisme

Agar tubuh dapat memenuhi semua tugasnya, ia membutuhkan energi. Energi ini disediakan oleh makronutrien , karbohidrat , lemak, dan protein yang kita serap bersama makanan. Pencernaan adalah dalam arti prasyarat untuk metabolisme. 

Di perut dan usus , nutrisi dipecah menjadi komponen-komponennya. Karbohidrat direduksi menjadi gula sederhana, protein menjadi asam amino, lemak menjadi asam lemak dan gliserida. Usus hanya dapat menyerap nutrisi dalam bentuknya yang terurai. Dengan kata lain, mereka terbelah sangat kecil sehingga usus dapat mengambilnya dan mentransfernya ke dalam darah. Lemak dibuat ekstra untuk darah.

Sirkulasi darah sebenarnya adalah media distribusi. Dia adalah jalan yang mengangkut nutrisi ke semua sel tubuh. Jika "memetabolisme makanan" disebutkan, itu mengacu pada proses yang terjadi dalam sel setelah pencernaan dan transportasi melalui aliran darah.

Jenis metabolisme: karbohidrat, protein, lemak, mineral

Ada berbagai jenis metabolisme, misalnya dinamai zat yang diproses:

Metabolisme karbohidrat: 

Selama pencernaan karbohidrat kompleks dari makanan dipecah menjadi gula sederhana (misalnya, glukosa , fruktosa). Molekul gula memasuki sel melalui darah, di mana proses metabolisme yang sebenarnya terjadi. Gula sederhana akan memberikan energi untuk tubuh. 

Jika cukup energi tersedia, gula sederhana di hati dan otot-otot berkumpul menjadi molekul pati baru (banyak gula) dan disimpan.

Metabolisme protein (metabolisme asam amino): 

Pencernaan protein menghasilkan asam amino. Ini masuk sel melalui aliran darah. Di sana mereka melayani di satu sisi untuk energi; Di sisi lain, tubuh membutuhkannya untuk membangun sel otot, hormon, dan enzim.

Metabolisme lemak: 

Lemak digunakan untuk menghasilkan energi dalam sel dan juga penyimpanan energi yang paling penting. Akhirnya, lemak dibutuhkan, antara lain, untuk pembentukan hormon dan kurir. Apa yang tidak dibutuhkan tubuh, sel-sel lemak menyimpan "masa-masa buruk".

Metabolisme mineral: 

Di sini, misalnya, kalsium dan fosfor disediakan untuk membangun tulang . Ion kalsium juga penting untuk kerja otot.

Metabolisme anabolik dan katabolik

Dalam konteks metabolisme, orang sering mendengar istilah-istilah seperti anabolisme dan katabolisme - keduanya adalah bentuk dan fase metabolisme, yaitu metabolisme.

Anabolisme: 

Ini adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan struktur zat pada makhluk hidup. Sebagai contoh, metabolisme karbohidrat dapat kembali berfungsi: Sebagian gula sederhana, yang berasal dari darah ke dalam sel, dibangun kembali dan disimpan dalam sel hati dan otot untuk membentuk molekul pati. Dalam arti yang lebih sempit, anabolisme sering dikaitkan dengan penumpukan protein, terutama pada otot.

Katabolisme:

Kerusakan produk metabolisme disebut dari zat kompleks menjadi zat sederhana untuk menyediakan energi. Dengan kata lain, nutrisi yang disimpan di depot yang berbeda dipecah menjadi konstituen masing-masing dan dikonsumsi ketika tubuh membutuhkan energi.
Untuk tetap dengan metabolisme contoh karbohidrat: Dalam kekuatan metabolisme anabolik disimpan di hati dan otot. Dalam metabolisme katabolik, pati ini dipecah menjadi gula sederhana dan tersedia untuk tubuh dalam bentuk glukosa, sehingga kadar gula darah tetap konstan dan otot dapat memperoleh energi dari itu.

Gangguan metabolisme

Gangguan metabolisme terjadi ketika pemanfaatan nutrisi individu tidak bekerja dengan baik dan zat tidak tiba di tempat yang dibutuhkan. Ketika metabolisme terganggu, berbagai penyakit bisa muncul. Diabetes mellitus merupakan sebuah penyakit metabolisme di jenis karbohidrat, misalnya. Metabolisme lemak, protein dan mineral dapat terganggu.

Artikel ini bersumber dari potheken-umschau.de