Mengenal Sejarah Kerajaan Kutai Lengkap dan Singkat

smkyasbam - Sejarah Kerajaan Kutai - Kita hidup di dunia turun temurun sudah berabad-abad lamanya. Karena selama kita hidup ini tidak jauh dari kehidupan sejarah yang ada di masa lalu. Apalagi kita dulu sangat kental dengan sebelum menjadi sebuah negara banyak sekali Kerajaan yang menguasai berbagai daerah salah satunya Kerajaan Kutai.

sejarah kerajaan kutai

Sejarah Kerajaan Kutai, merupakan sebuah cerita di masa lalu yang menceritakan kerajaan yang ada di provinsi Kalimantan Timur. Jadi, untuk masyarakan yang ada disana tentu sudah tidak asing lagi apabila mendengar Kerajaan Kutai. Namun, untuk masyarakat disekitar lainnya tentu masih bertanya-tanya tentang kebenaran Sejarah Kerajaan Kutai ini.

Untuk membantu refrensi kamu dalam mengenal Sejarah Kerajaan Kutai, kali ini saya akan mengulas dengan lengkap dan singkat mengenai sejarah Kerajaan Kutai. Lebih lanjutnya, mari kita pelajari bersama untuk menambah ilmu pendidikan dalam mengenal sejarah yang ada di Indonesia.

Mengenal Sejarah Kerajaan Kutai Lengkap dan Singkat

Dalam buku sejarah yang pernah saya baca dari berbagai sumber bahwa Sejarah Kerajaan Kutai ini adalah salah satu kerajaan Hindu tertua di Indonesia. Mengapa demikian? Karena Kerajaan ini berdiri sejak abad 5 Masehi atau kurang lebih 400 Masehi. Fakta yang membuktikan kalau Kerajaan Kutai ini berdiri sejak abad itu adalah dengan ditemukannya tujuh buah prasasti Yupa pada tulisan batu.

Seperti yang sudah saya jelaskan diatas bahwa Kerajaan Kutai ini ada di daerah Kalimantan Timur tepatnya di daerah hulu Sungai Mahakam. Ketujuh prasasti Yupa tersebut menjadi salah satu sumber adanya Kerajaan Kutai yang dinobatkan Kerajaan Tertua di Indonesia. Pasalnya, nama Kerajaan Kutai ini tidak hanya sebatas nama saja karena dalam nama Kerajaan Kutai ini berdasarkan dari Prasasti Yupa tersebut yang ditemukan oleh seorang pakar sejarah.

Ada tulisan-tulisan huruf yang Pallawa dan berasal dari bahasa Sansekerta dan juga tersusun dalam bentuk syair, hal tersebut jelas pernah saya menemuinya dan itu dinamakan Yupa. Hal tersebut juga ditemukan berasal dari adanya Prasasti Yupa yang ditemukan dalam tujuh buah batu tulis. Dengan demikian bahwa Prasasti Yupa sangat kuta sekali yang akurat tentang kebenaran awal berdirinya Kerajaan Kutai.

Dimana dalam hal itu tertulis bahawa seorang Raja Kerajaan Kutai yang beranama Mulawarman. Raja Kerajaan Kutai ini sangat terkenal dengan kebaikannya dan juga kesaktiannya. Menurut sejarah yang saya baca bahwa beliau adalah anak dari Aswawarman dan cucu dari Raja Kudungga.

Dalam hal ini, adanya prasasti ini menjadikan kamu semakin mengerti bahwa Kerajaan Kutai ini didirikan oleh raja pertama yakni Raja Kudungga. Kemudian kekuasaan Kudungga digantikan oleh penerus anaknya yakni Aswawarman. Selain itu, Aswawarman juga mempunyai puncak kejayaan pada masa dipimpin oleh Raja Mulawarman.

Berdasarkan pakar ahli yang saya terima menyebutkan nama Kudungga ini berasal dari nama asli pribumi yang sama sekali belum terpengaruh dengan agama Hindu. Hal ini menjadi berbeda dengan anak Raja Mulawarman yaitu Aswawarman yang sudah memeluk agama Hindu lama sekali. Hal tersebut atas dasar kata warman yang nama dan juga kata ini berasal dari bahasa Sanskerta.

Sejarah Kerajaan Kutai ini sudah tercatat dalam prasasti betul bahwa kerajaan ini didirikan oleh Raja pertama yaitu Kudungga. Hal tersebut berbeda dengan penguasa yang pertama yakni sudah resmi berkuasa dalam Kerajaan Kutai yaitu Asawawarman. Karena sebagai pendiri dinasti Kerajaan Kutai dengan gelar yang luar biasa yaitu Wangsakata mempunyai makna pembentuk keluarga.