Sejarah Kerajaan Majapahit Lengkap dan Singkat

smkyasbam44 - Sejarah Kerajaan Majapahit - Selama kita hidup berabad-abad, tentunya tidak luput dari sejarah-sejarah dari terdahulu. Apalagi kita hidup di jaman sekarang modern saat ini hampir semua sudah melupakan sebuah sejarah yang ada. Namun, ada sejarah kerajaan yang ada di Indonesia tepatnya di daerah Mojokerto yang sampai sekarang masih teringat di kepala masyarakat sekitar.

Sejarah Kerajaan Majapahit

Sejarah Kerajaan majapahit, merupakan kisan kerajaan yang berada di Mojokerto ini mempunyai kekuasaan yang sangat luas. Mungkin hampir semua masyarakat sudah mengenal tentang kerajaan Majapahit. Pasalnya, pernah dalam drama kolosal film-film seperti ini menampilkan sejarah-sejarah kerajaan terdahulu.

Nah, untuk kamu yang belum mengerti cerita sejarah Kerajaan Majapahit ini tepat sekali apabila sedang mengunjung website ini. Dimana pada kesempatan kali ini saya akan mengulas sejarah singkat Kerajaan Majapahit. Yuk, simak guna menambah ilmu dalam sejarah yang ada di Indonesia !

Raja-Raja Kerajaan Majapahit

Sebelum saya menceritakan tentang sejarah Kerajaan Majapahit, akan saya kenalkan terlebih dahulu Raja-Raja yang pernah memimpin kerajaan Majapahit. Menurut sejarah informasi yang saya dapatkan ada sekitar 13 orang yang pernah mempimpin Kerajan Majapahit ini. Inilah 13 Raja Kerajaan Majapahit :


  1. Raden Wijaya (1293-1309).
  2. Kalagamet (1309-1328).
  3. Sri Gitarja (1328-1350).
  4. Hayam WUruk (1350-1389).
  5. Wikramawardhana (1389-1429).
  6. Suhita (1329-1447).
  7. Kertawijaya (1447-1451).
  8. Rajasawardhana (1451-1453).
  9. Girishawardhana (1456-1466).
  10. Bhre Pandansalas (1466-1468).
  11. Bhre Kertabumi (1468-1478).
  12. Girindrawardhana (1478-1498).
  13. Patih Udara (1498-1518).
Setelah mengenal raja-raja tersebut saya akan mengulas sejarah singkat kerajaan majaphait pada pembahasan selanjutnya.

Sejarah Kerajaan Majapahit Lengkap dan Singkat

Kerajaan Majapahit merupakan kerajaan yang letaknya di daerah Mojokerto ber-provinsi Jawa Timur. Asal muasal berdirinya Kerajaan Majapahit yaitu berawal dari serangan Jayaketwang yang merupakan Adipati Kediri. Beliau mampu berhasil menumpas penguasa Kerajaan Singasari yang tidak lain adalah Kertanegara. Hal tersebut dilakukan oleh Jayaketwang dikarenakan pemimpin Kerajaan Singasari tidak menerima akan pembayaran upeti.

Menurut sejarah bahwa Kerajaan Majapahit ini berdiri sejak pada tahun 1923 hingga 1500M. Dalam beridrinya kerajaan Majapahit ini berhasil mencapai puncak kejayaannya. Dimana pada masa itu menguasai wilayah nusantara yang masa itu dipimpin Hayam Wuruk sekitar tahun 1350 hingga 1389.

Kalau kita melihat dalam buku sejarah Kerajaan Majapahit ini menurut Raja Negarakertagama bahwa kekuasaan Majapahit ini berbagai pulau diantaranya Jawa, Sumatera, Semenanjung Malay, Kalimantan hingga Indonesia Timur, Sumatera, Kalimantan Timor, Sulawesi, Lombong, Maluku, dan Sumbawa.

Jadi, tidak heran apabila kerajaan ini menjadi salah satu kerajaan Hindu Buddha yang mampu berhasil menguasai wilayah hampir seluruh Nusantara. Tidak hanya itu saja, pasalnya juga merupakan negara terbesar yang ada dalam sejarah di Indonesia. Meskipun daerah-daerah itu masih dalam perebutan kekuasaan pada masa itu.

Dalam sejarah Kerajaan Majapahit tentunya mempunyai beberapa peninggalan-peninggalan yang masih terjaga di museum ataupun tempat lainnya. Dimana peninggalan-peninggalan Kerajaan Majapahit ini sudah saya rangkum ada sekitar 15 peninggalan. Dibawah ini peninggalan Kerajaan Majapahit :
  1. Uang Gobog Majapahit.
  2. Celengan Majapahit.
  3. Candi Kedaton.
  4. Candi Wringin Branjang.
  5. Candi Surawana.
  6. Candi Jabung.
  7. Candi SUkuh.
  8. Candi Cetho.
  9. Surya Majapahit.
  10. Gampura Bajang Ratu.
  11. Candi Pari.
  12. Candi Brahu.
  13. Candi Tikus.
  14. Candi Wringin Lawang.
  15. Arca Emas.
Nah, itulah sejarah singkat yang membahas tentang Kerajaan yang ada di wilayah Jawa Timur tepatnya daerah Mojokerto. Jadi, jangan heran pula apabila disana menjadi tempat objek wisata mengenal prasasti peninggalan-peninggalan dari Kerajaan Majapahit terdahulu. Prasasti peninggalan tersebut sampai sekarang masih terawat dan terjaga guna untuk menghargai sejarah yang ada.