Mengenal Ciri dan Jenis Pakaian Adat Jawa Timur

Smkyasbam44.id - Pakaian Adat Jawa Timur - Negara Indonesia yang kita kenal adalah negara yang mempunyai keanekaragaman budaya. Salah satunya kebudayaan baju atau pakaian adat ini tentu sampai sekarang masih digunakan untuk acara-acara penting daerah masing-masing. Termasuk dengan pakaian adat Jawa Timur ini mempunyai ciri dan jenis tersendiri dibandingkan dengan pakaian adat tradisional lainnya.

Pakaian Adat Jawa Timur

Tidak heran jika masyarakat masih belum mengenal salah satu pakaian adat Jawa Timur ini. Entah karena kurang membaca informasi kebudayaan-kebudayaan yang ada di Indonesia. Atau memang pada umumnya masyarakat cuek akan budaya, apalagi di jaman modern saat ini.

Kali ini, saya berkesempatan unuk mengulas tentang pakaian adat Jawa Timur. Hal ini dikarenakan saya sendiri ingin mengenalkan kepada masyarakat umum untuk lebih kenal budaya apapun. Mengapa tertarik membuat artikel tentang Pakaian Adat Jawa Timur ? Karena saya sendiri bertempat tinggal di daerah provinsi Jawa Timur, patut disayangkan bukan jika tidak mengenalkan kepada masyarkat yang buta akan budaya !

Mengenal Ciri dan Jenis Pakaian Adat Jawa Timur

Sebelum saya membahas tentang jenis pakaian adat di Jawa Timur ini, kamu harus mengerti terlebih dahulu mengenai ciri-ciri pakaian adat tradisional ini. Dimana pada pakaian adat ini mempunyai ciri khas yang indah sekali apabila kita memandangnya. Biasanya masyarakat juga menyamakan tentang pakaian adat ini sama dengan pakaian adat yang ada di Jawa Tengah (nanti akan saya bahas).

Namun, dalam hal itu, tentunya ada perbedaan yang mencolok yaitu pada filosofinya. Misalnya pada corak pakaian adat Jawa Timur ini biasanya cenderung menunjukkan nilai-nilai ketegasan, namun tetap menjunjung tinggi nilai estetika. Sementara pada corak Jawa Tengah ini mempunyai simbol berlambangkan nilai kesopanan tata krama yang dijunjung setinggi-tingginya.

Pasalnya, pakaian adat tradisional Jawa Timur ini terdiri dari 3 jenis yaitu :

1. Baju Mantenan

Baju Mantenan, merupakan salah satu pakaian adat yang digunakan sebagai pengantin dalam acara pernikahan. Karena dari namanya "Mantenan" ini mempunyai arti yang bersinggungan dengan pernikahan. Jadi, tidak heran jika baju ini digunakan sebagaimana fungsi atas namanya.

Ada 11 senjata yang biasanya dipakai dalam pakaian ada tini antara lain :

-Lanor ayam
-Amparan
-Belati cap garpu
-Calo Montor
-Paruh
-Takabuan
-Gobang
-Clonot
-Celurit
-Sabuk
-Piol

2. Baju Pesaan Khas Madura

Baju adat Pesaan Khas Madura ini menjadi salah satu khas tersendiri bagi masyarakat Madura. Biasanya pakaian adat ini digunakan dalam kegiatan aktivitas sehari-hari. Akan tetapi untuk pakaian adat ini biasanya juga dipakai oleh orang Madura dan sekitar masyarakat yang ada di pesisir utara Jawa Timur.

Baju Pesaan Khas Madura ini juga terdiri dari 11 aksesoris yang digunakan, antara lain :

-Jas Tutup warna polos
-Kain panjang
-Tongkat
-Arloji rantai
-Cincin geleng
-Jam saku
-Sapu Tangan
-Sabut katemang
-Perhiasan Selo
-Jepit kain
-Stagen

3. Baju Cak dan Ning

Pada Baju Cak dan Ning ini terbagi berdasarkan jenis kelaminnya yaitu :

Pada baju adat yang digunakan untuk laki-laki ini berupa perpaduan dari jas tutup pada bagian atasnya. Jarik pada bagian bawahannya, sapu tangah merah dan juga terompah. Terakhir kuku macan yang menjadi hiasan tergantung pada jas.

Sementara baju adat yang digunakan untuk perempuan ini berupa perpaduan antara kebaya pada bagian atasnya. Jarik pada bagian bawahannya dan kerudung dengan renda. Selain itu juga terdapat aksesoris seperti anting, gelang, selendang, dan selop.

Itulah diatas nama-nama macam pakaian adat yang ada di Jawa Timur. Semoga dengan adanya artikel ini bisa menambah wawasan kamu dalam mengenal kebudayaan. Jangan sampai kebudayaan yang ada menjadi hilang lenyap begitu saja !