5 Peninggalan Kerajaan Aceh yang Paling Populer

Smkyasbam44.id - Peninggalan kerajaan aceh - Hidup selama berabad-abad di Indonesia, kita tentunya tidak jauh dengan yang namanya sejarah. Pasalnya, sebelum di masa sekarang ini tentunya berawal dari kisah-kisah sejarah. Termasuk salah satu sejarah aceh yang mempunyai peninggalan-peninggalan di masa kerajaan.

Peninggalan Kerajaan Aceh

Peninggalan kerajaan aceh, merupakan salah satu benda-benda ataupun tempat di aceh yang sampai saat ini masih terawat dan terjaga. Banyak sekali, masyarakat umum yang belum mengetahu apa saja peninggalan kerajaan aceh ini. Di daerah aceh ini sendiri mempunyai beragam peninggalan-peninggalan dari kerajaan aceh terdahulu.

Nah, pada kali ini saya berkesempatan untuk mengulas beberapa tentang peninggalan kerajaan aceh yang populer sampai sekarang ini. Mengapa populer ? Karena peninggalan-peninggalan iniah yang sampai saat ini masih terlestarikan keberadaannya. Selain itu, peninggalan kerajaan aceh ini mempunyai ciri khas tersendiri.

5 Peninggalan Kerajaan Aceh yang Paling Populer

Berdasarkan sejarah, Kerajaan Aceh  ialah suatu Kerajaan Islam yang dulunya berdiri di provinsi Aceh ini. Kerajaan Aceh yang ada di ujung sabang ini ber-ibukotakan Banda Aceh. Dalam sebuah kerajaan terdahulu menyimpan peninggalan-peninggalan yang sangat diabadikan sampai sekarang ini.

Inilah 5 Peninggalan Kerajaan Aceh yang sampai sekarang masih ada keberadaannya !

1. Benteng Indra Patra

Peninggalan yang paling populer pertama ini yaitu Benteng Indra Patra, merupakan salah satu tempat pertahanan pada saat melawan penjajahan Portugis. Pasalnya, setelah Kerajaan Hindu inilah baru muncul agama Islam di masa itu. Sultan Iskandar Muda ini memberikan tugas kepada Laksamana Malahayati yang merupakan salah satu laksamana perempuan pertama di dunia dalam memimpin pasukan.

Kerajaan Lamuri ini yang dulunya telah mendirikan Benteng Indra Patra yang merupakan salah satu Kerajaan Hindu pertama di Aceh.  Walaupun akhirnya kerajaan Aceh dikuasai oleh Kerajaan Islam. Namun, sultan-sultan tidak pernah mempunyai niatan untuk memusnahkan peninggalan-peninggalan yang ada.

2. Uang Emas Kerajaan Aceh

Peninggalan kerajaan aceh yang keempat yaitu Uang Emas, merupakan salah satu mata uang yang digunakan jual beli di jaman dahulu. Ada dua jalur yang dahulu Aceh milik sangat strategis yaitu Perdagangan dan Pelayaran. Banyak dari penjuru manapun berkumpul dalam tempat dalam melakukan perdagangan dan pelayaran. Hal inilah yang menjadikan Kerajaan Aceh mempunyai rencana untuk membuat mata uang sendiri.

Uang emas logam ini akan dicetak berdasarkan nama-nama raja yang pernah memimpin pada masa Kerajaan Aceh. Sebagian orang memburu koin ini, selain itu juga kita sering menjumpainya yang sekaligus menjadi harta karun. Koin ini bisa juga dianggap sebagai slaah satu peningalan kerajaan aceh yang dulunya pernah berjaya di puncaknya.

3. Masjid Baiturrahman

Peninggalan yang pertama yaitu Masjid Baiturrahman, merupakan salah satu peninggalan kerajaan aceh yang paling populer. Peninggalan yang populer ini berada di pusat Kota Banda Aceh. Menurut sejarah kerajaan aceh, bahwa masjid Baiturrahman ini didirikan oleh Sultan Iskandar pada tahun 1612 Masehi.

Pasalnya, masjid Baiturrahman ini hampir dibakar oleh agresi militer Belanda terdahulu. Namun, dibangun kembali oleh pihak Belanda, karena agar meredam amarah seluruh rakyat Aceh. Tidak hanya cerita itu saja, karena Masjid Baiturrahma ini juga berjasa pada saat tsunami besar melanda sekitar tahun 2004 silam yang masih berdiri kokoh saat tsunami terjadi.

4. Makam Sultan Iskandar Muda

Peninggalan yang kedua yaitu Makam Sultan Iskandar Muda, merupakan salah satu tempat peristirahatan beliau. Peninggalan ini juga sangat populer karena Sultan Iskandar Muda ini sangat terkenal dan juga hebat. Tempat makam Sultan Iskandar Muda ini di Kelurahan Peuniti Kecamatan Baiturrahamn di Banda Aceh.

Pasalnya, daerah ini sangat terkenal dan kental sekali dengan agama Islam. bukti sejarah masuknya agama Islma di Indonesia adalah ukiran dan pahatan kaligrafi pada batu nisan Sultan Iskandar muda sangat indah.

5. Masjid Tua Indrapuri

Masih seputar Masjid yang peninggalan kelima yaitu Masjid Tua Indraputri, merupakan salah satu bangunan tua yang mempunyai bentuk segi empat sama sisi. Masjid Tua Indrapuri ini juga salah satu bangunan yang menjadi benteng oleh Kerajaan Hindu karena berbentuk menyerupai candi. Penyebaran agama Islam pertama kali yang ada di Aceh sekitar tahun 1300 Masehi.

Perubahan tersebut juga terjadi pada saat di masa pimpinan Sultan Iskandar Muda mulai dari tahun 1607 sampai 1637 Masehi yang termasuk dalam asal usul dari kerajaan Aceh.

Itulah diatas peninggalan-peninggalan yang ada pada Kerajaan Aceh. Diatas juga sudah saya jelaskan bahasan singkat guna untuk menambah wawasanmu dalam mengenal sejarah kerajaan aceh ini. Untuk pembahasan lainnya, akan mengulas beberapa artikel yang lebih menarik bertujuan menambah ilmu pendidikanmu hanya di Smkyasbam44.id !