Mengenal Rumah Adat Yogyakarta (Rumah Joglo)

Smkyasbam44.id - rumah adat yogyakarta - Di negara Indonesia begitu terkenal dengan keberagaman kesenian dan kebudyaaan yang begitu melimpah. Karena, selain terkenal dengan kekayaan alam ini ternyata Indonesia mempunyai keanekaragaman budaya yang sampai sekarang masih di rawat dan di jaga. Salah satunya pada Rumah Adat Yogyakarta ini.

Rumah Adat Yogyakarta

Rumah Ada Yogyakarta adalah salah satu rumah yang berasal dari peninggalan pada jaman-jaman terdahulu. Pasalnya, Daerah Istimewa Yogyakarta atau DIY ini memiliki berbagai budaya yang mempunyai potensi. Dimana potensi tersebut antara lain berupa fisik kawasan cagar budaya dan juga benda cagar budaya.

Rumah adat Yogyakarta ini sangat terkenal yaitu pada Rumah Joglo. Nah, buat kamu yang masih belum mengenal salah satu rumah adat yang ada di Yogyakarta ini saya akan mengulasnya pada artikel ini. Karena tidak sedikit yang belum mengenal tentang rumah adat Yogyakarta.

Mengenal Rumah Adat Yogyakarta (Rumah Joglo)

Rumah adat Joglo adalah rumah tradisional yang mempunyai 4 tiang utama. Rumah adat ini berasal dari provinsi Jawa Tengah yang terkenal dengan daerah yang mempunyai ciri khas budaya dan adat istiadat. Meskipun terkenal, kebanyakan orang masih belum mengetahui tentang informasi rumah adat Joglo tersebut.

Apabila kita berfikir secara logika, banyak sekali manfaat jika kita mempelajar rumah adat tradisional yang ada di Indonesia. Salah satunya termausk rumah adat Joglo yang saya ulas pada kesempatan ini. Karena dengan adanya budaya adat seperti rumah adat ini, kita seharusnya dapat melestarikan jangan sampai lenyap begitu saja.

Yogyakarta terkenal dengan daerah yang mempunyai ciri khas yang sangat tradisional. Nah, pada rumah adat ini terdiri dari 17 macam Joglo antara lain :

-Joglo Rembang
-Joglo Pati
-Joglo Kudus
-Joglo Ceblokan
-Joglo Kepuhan Limolasan
-Joglo lambangsari
-Joglo Jepara
-Joglo Semar Tinandhu
-Joglo Kepuhan Lawakan
-Joglo Kepuhan Awitan
-Joglo Hageng
-Joglo Mangkurat
-Joglo Sinom
-Joglo Jompongan

Rumah Adat Yogyakarta ini memiliki 2 bagian antara lain rumah induk dan rumah tambahan. Untuk rumah Induk ini memiliki 8 bagian yang ada, sementara pada rumah tambahan hanya digunakan tambahan pelengkap rumah adat Joglo ini. 8 bagian rumah Induk dibawah inilah beserta fungsinya :

-Gandhaok digunakan untuk tambahan bangunan mengelilingi sisi belakang dan samping bangunan inti.
-Senthong Tengen digunakan untuk pembagian ruangan
-Pendopo digunakan untuk pertemuan, tempat pagelaran seni wayang kulit, tari-tarian, dan upacara adat.
-Pringitan dalam digunakan untuk jalan masuknya lorong dan untuk tempat pertunjukan wayang kulit.
-Teras digunakan untuk menerima tamu, tempat bersantai, dan aktivitas lainnya.
Rumah dalam - rumah belakang, rumah besar digunakan untuk tempat tinggal masyarakat disana.
-Senthong tengah digunakan untuk tempat menyimpan harta keluarga atau benda pusaka.
Senthong kiwa digunakan untuk tempat kamar tidur, gudang, dan juga tempat menyimpan makanan.

Nah, itulah diatas penjelasan mengenai rumah adat Joglo yang ada di Yogyakarta ini. Seperti yang sudah saya jelaskan bahwa rumah adat ini mempunyai ciri khas tersendiri dibandingkan rumah adat pada umumnya. Oleh karena itu, dengan ciri khas inilah mari kita semua menjaga dan melestarikan rumah-rumah adat tradisonal yang masih ada.