Rangkuman Sejarah Kerajaan Aceh Lengkap dan Singkat

Smkyasbam.id - Sejarah kerajaan aceh - Nanggroe Aceh Darussalam, merupakan salah satu daerah yang sangat terkenal dengan spiritualnya tentang agama. Selain itu, Aceh ini juga terkenal dengan sejarah yang tidak pernah terlupakan. Pasalnya, kita hidup selama berabad-abad tentunya berasal dari sejarah-sejarah yang ada.

Sejarah Kerajaan Aceh

Sejarah kerajaan aceh, merupakan sebuah pintu masuk penyebaran agama Islam yang ada di Indonesia ini. Kerajaan Aceh Darussalam ini bisa disebut juga dengan Kesultanan Aceh. Pada jaman dulunya, kerajaan ini mengalami puncak kejayaan dibawah pimpinan kekuasaan Sultan Iskandar Muda.

Nah, pada kesempatan kali ini saya akan mengulas dengan singkat mengenai sejarah kerajaan aceh yang ada di Indonesia. Banyak sekali masyarakat yang hanya sekedar mengenal salah satu daerah yang berada di ujung. Pasalnya, tidak banyak juga yang hanya sepintas mengenal dari kata orang ke orang.

Oleh karena itu, Yuk mari mengenali sejarah kerajaan aceh singkat dibawah ini !
Sejarah Kerajaan Aceh Lengkap dan Singkat

Menurut sejarah kerajaan aceh ini berdiri bersamaan dengan pelantikannya Sultan pertama yaitu Sultan Ali Mughayat Syah. Pelantikan itu terjadi sekitar hari ahad pada 1 jumadil awal 913 H. Pasalnya, Kerajaan Aceh Darussalam ini didirikan sebagai meneruskan sebagaimana dari kekuasaan Kerajaan Pasai pada sebelumnya.

Dimana pada masa kerajaan aceh ini mengalami perkembangan yang pesat mulai dari ekonomi, politik, sosial, dan kebudayaan. Sultan raja yang pernah memimpin di Kerajaan Aceh ini sangat memberikan berbagai pengaruh di masa pemerintahan tersebut. Ada 4 tokoh yang sangat berjasa pernah berkuasa di Kerajaan Aceh yaitu :

1. Sultan Ali Mughayat Syah

Tokoh yang pertama berjasa pada Kerajaan Aceh ini yaitu Sultan Ali Mughayat Syah. Beliau menjadi pendiri kerajaan yang memimpin mulai dari tahun 1514 sampai 1528 Masehi. Dalam penguasaan beliau, kerajaan aceh ini mempunyai wilayah yang mencakup Banda Aceh-Aceh besar. Tidak hanya itu saja, karena Sultan Ali Mughayat Syah ini juga memperluas wilayah ke berbagai Sumatera antara lain di daerah Pasai dan Daya.

2. Sultan Salahuddin

Tokoh yang kedua pernah berjasa pada Kerajaan Aceh ini yaitu Sultan Salahuddin. Beliau merupakan penerus satu-satunya setelah ayahnya Sultan Mughaya Syah meninggal dunia. Sultan Salahudin ini memerintah kerajaan aceh mulai dari tahun 1528 sampai dengan 1537 Masehi. Karena padat tahun 1537 Masehi beliau digantikan oleh Sultan Alaudin Riayah Syah.

3. Sultan Alaudin Riayah Syah

Tokoh yang ketiga pernah berjasa pada Kerajaan Aceh yaitu Sultan Alaudin Riayah Syah, merupakan raja yang menguasai mulai dari tahun 1537 sampai 1568 Masehi. Pasalnya, Belia menjadi salah satu raja yang telah berhasil membawa kerajaan aceh ini pada masa puncak kejayaan. Sultan Alaudin Riayah Syah ini memimpin mulai tahun 1606 sampai 1636 Masehi.

4. Sultan Iskandar

Tokoh yang terakhir berjasa di dalam Kerajaan Aceh ini yaitu Sultan Iskandar, merupakan salah satu raja sepeninggalan tersohor. Beliau memimpin kerajaan aceh ini mulai dari 1626 sampai dengan 1641 Masehi. Pada masa Sultan Iskandar ini, beliau mampu merebut pelabuhan penting yang ada pada perdagangan di bagian timur Sumatera dan pesisir barat serta Semenanjung Melayu.

Itulah diatas mengenai ulasan sejarah singkat Kerajaan Aceh yang mungkin kamu belum mengetahuinya. Dengan adanya artikel ini, semoga kamu menjadi lebih paham dan mengenal sejarah-sejarah yang ada di Indonesia. Semoga bermanfaat dan juga dapat dijadikan refrensi ilmu pengetahuanmu guna menambah wawasan menjadi luas.