Mengenal Berdirinya Sejarah Kota Jombang

Smkyasbam44.id - Sejarah Kota Jombang - Hidup selama berabad-abad, tentunya kita tidak luput dari orang-orang di jaman terdahulu. Dimana pada dahulunya terdapat sejarah-sejarah yang tidak bisa kita lupakan. Salah satunya sejarah kota jombang yang terletak di provinsi Jawa Timur.

Sejarah Kota Jombang

Sejarah Kota Jombang, merupakan asal muasal terbentuknya kota kabupaten Jombang ini. Menurut informasi bahwa kota ini berdiri tidak jauh-jauh dengan masa-masa waktu ini masih kerajaan. Adapun cerita yang menjelaskan tentang awal berdirinya kota ini.

Nah, kesempatan kali ini saya ingin mengulas mengenai Sejarah Kota Jombang yang letaknya di provsinsi Jawa Timur. Karena saya bertempat tinggal di Jombang tentunya tertarik untuk mengulas salah satu sejarah ini. Untuk lebih mengenal sejarah kota jombang, Yuk mari baca dibawah ini !

Sejarah Kota Jombang daerah provinsi Jawa Timur

Berdasarkan sejarah kota Jombang menyebutkan bahwa ada penemuan fosil Homo mojokertensis di lembah Sungai Berantas ini diduga telah dihuni selama ratusan ribu tahun silam. Kota Jombang ini dekat sekali dengan Mojokerto, oleh karena itu tidak luput dari sejarah kerajaan majapahit. Dimana terkenal bahwa kerajaan majapahit mempunyai kekuasaan yang sangat luas sekali.

Pada masa Kerajan Majapahit, kota kabupaten Jombang ini menjadi salah satu gerbang Majapahit. Pada bagian gapura selatan ialah Desa Ngrimbi ber-Kecamatan Bareng, sedangkan pada bagian Gapura barat ialah Desa Tunggorono ber-Kecamatan Jombang . Pasalya daerah Kabupaten Jombang yang berada di Jawa Timur ini identik dengan daerah yang bernama Mojo antara lain Mojosongo, Mojongapit, Mojojejer, dan masih banyak lagi daerah yang berawalan Mojo ini.

Salah satu peninggalan Majapahit yaitu Candi Arimbi di Kecamatan Bareng. Candi Arimbi ini tentunya berkaitan dengan keruntuhan Kerajaan Majapahit dan juga pertama kali persebaran agama Islam di Pulau Jawa bagian pesisir utara provinsi Jawa Timur. Setelah itu daerah Jombang ini menjadi salah satu Kerajaan Mataram.

Terjadi seiring lemahnya pengaruh dari Kerajaan dari Mataram ini, membuat Kolonialisasi Belanda menjadikan kota Jombang menjadi bagian dari wilayah VOC di akhir-akhir abad ke tujuhbelas. Setelah itu kota Jombang ini menjadi salah satu bagian dari Hindia Belanda pada awal abad sekitar ke -8 juga menjadi seperti daerah-daerah lainnnya. Dimana daerah tersebut antara lain diduduki oleh Bala Tentara Dai Nippon berasal dari Jepang pada tahun 1942-1945.

Pada tahun 1811 telah didirikan Kabupaten Mojokerto yang daerah wilayahnya antara lain Kabupaten Jombang. Jombang adaah salah satu ciri khas tersendiri di dalam Kabupaten Mojokerto ini. Malahan Trowulan adalah pusat Kerajaan Majapahit pada jaman dulunya.

Tidak hanya itu saja karena untuk daerah Jombang ini pun dikenal dengan julukan sebagai Kota Santri yang alasannya bahwa banyaknya sekolah pendidikan Islam atau pondok pesantren disini. Malahan ada pameo yang telah berkata Jombang yaitu pusat pondok pesantren di tanah Jawa. Hal tersebut dikarenakan hampir semua pendiri pesantren di Jawa pasti pernah berguru di Kabupaten Jombang.

Nah, itulah diatas mengenal sejarah kota jombang yang letaknya di provinsi Jawa Timur. Dimana seperti yang sudah saya jelaskan bahwa kota ini sangat kental dan terkenal dengan Kota Santri. Selain itu juga tidak luput dari sejarah kerajaan Majapahit dan juga kerajaan Mataram.

Dengan adanya artikel ini semoga guna menambah wawasanmu dalam mengenal sejarah-sejarah di indonesia, Semoga bermanfaat dan tunggu artikel selanjutnya yang mengulas pendidikan lainnya hanya di Smkyasbam44.id