8 Fungsi Rumah Adat Bengkulu (Bubungan Lima)

Smkyasbam44.id - Fungsi Rumah Adat Bengkulu - Tahukah kamu tentang Rumah Adat Bengkulu? Rumah adat Bengkul ini mempunyai nama yaitu Bmbungan Tinggi. Salah satu ciri khas dari rumah adat tradisional ini yaitu pada tiang penyangganya dan juga dikenal sebagai nama Bubungan Lima. Nama lain dari Bubungan Lima diantaranya seperti Bubungan Jembatan, Bubungan Haji dan Bubungan Limas.

Fungsi Rumah Adat Bengkulu

Tahukah kamu, apa sih fungsi rumah adat bengkulu (Bubungan Lima) ini? Konon katanya, terdahulu bahwa terdapat fungsi rumah adat bengkulu yang dipercayai oleh masyarakat sekitar. Ada beberapa fungsi rumah adat bengkulu ini, dimana pada artikel inilah saya akan mengulas untuk Anda. Untuk lebih lengkapnya akan saya bahas pada pembahasan selanjutnya !

Fungsi Rumah Adat Bengkulu (Bubungan Lima)

Secara umum pada zaman dulu ini bahwa Rumah Bubungan Lima ini difungsikan sebagai tempat tinggal untuk keluarga. Namun biasanya fungsi rumah adat bengkulu ini yaitu sebagai acara-acara adat bagi masyarakat Bengkulu. Menurut susunan tata ruang Rumah adat Bengkulu ini mempunyai fungsi yaitu :

-Ruangan Berendo Belakang ini merupakan tempat bersantai untuk keluarga dan kaum perempuan. Fungsi rumah adat Bengkulu pada ruangan ini yaitu sebagai tempat menerima tamu yang belum dikenal dan juga menjadi tempat bermain anak-anak serta bersantai.

-Ruangan Dapur ini merupakan ruangan yang berfungsi menjadi tempat memasak khusus untuk kepentingan dapur saja seperti peralatannya.

-Ruangan Hall ini merupakan salah satu ruangan yang menjadi kebalikan dari Berendo yang berfungsi sebagai menerima tamu yang sudah dikenal secara baik seperti keluarga dekat. Tidak hanya itu saja, karena ruangan ini mempunyai fungsi sebagai tempat berkumpul dan juga sebagai selamatan keluarga.

-Ruangan Garang merupakan tempat penyimpanan untuk persediaan air dan tempat mencuci peralatan dapur.

-Ruang Bilik Gadis merupakan salah satu tempat yang mempunyai anak gadis ini difungsikan menjadi tempat istirahat atau disebut dengan kamar. Posisi dari ruangan ini berdekatan dengan bilik gedang yang mempunyai tujuan mempermudah pengawasan bagi anak gadis.

-Ruang Makan yang berfungsi sebagai tempat makan bagi keluarga. Untuk yang mempunyai ukuran kecil ini biasanya ruangan ini tidak tersedia dan apabila makan biasanya di ruangan tengah.

-Ruang Makan biasanya ruangan yang berukuran kecil dan berfungsi menjadi tempat makan bagi keluarga.

-Ruang Tengah, ini menjadi salah satu bagian yang tidak ada perabotan sama sekali. Pada bagian sudutnya disediakan beberapa helai tikar yang mempunyai kegunaan sebagai ruang menerima tamu untuk kaum permepuan dan ibu rumah tangga.

Nah, itulah diatas yang mengenai rumah adat saya sudah jelaskan mengenai fungsinya berdasarkan kepercayaan orang zaman dahulu. Semoga dengan artikel ini dapat menambah wawasan kalian dalam mengenal sejarah dan fungsi rumah adat tradisional yang ada di Indonesia. Nantikan artikel selanjutnya yang lebih mendidik hanya di website Smkyasbam44.id !
Latest